IHSG Cetak Rekor Sepanjang Sejarah, Gini Loh Maksudnya

Candle Stick

Wiihh… Pagi-pagi, ada kabar gembira nih. Gimana nggak, IHSG Kamis, 17 Maret 2022 berhasil cetak rekor sepanjang sejarah!

Hijau. IHSG dibuka menguat pada perdagangan sesi I dan menembus level 7.000 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Tapi, maksudnya IHSG apa sih, cuanmin?

Dikutip dari laman IDX, IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) adalah indeks yang mengukur kinerja semua harga saham yang tercatat di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia.

Jadi, rata-rata harga seluruh saham perusahaan yang sudah go public, yang sudah tercatat di BEI (Bursa Efek Indonesia), itulah yang disebut IHSG. IHSG pun, bisa berubah-ubah setiap saat, bisa naik, turun, atau pun stagnan.

Terus IHSG itu bisa dibeli juga kah, cuanmin?

Noo.. IHSG tidak bisa diperjualbelikan. IHSG hanya dijadikan acuan untuk melihat pergerakan seluruh saham yang terdaftar di bursa saham.

Terus fungsinya IHSG apa, cuanmin?

Pertama, IHSG jadi patokan pergerakan harga saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Artinya, pergerakan IHSG tersebut mencerminkan kondisi pergerakan seluruh saham perusahaan. Jika IHSG hijau, artinya rata-rata harga saham yang ada cenderung naik, sementara jika IHSG merah, artinya rata-rata harga saham yang ada cenderung turun.

Misalnya, harga IHSG hari ini dibuka hijau, artinya harga rata-rata saham yang terdaftar cenderung naik, meskipun ada beberapa saham yang terkoreksi atau turun.

Dengan melihat pergerakan IHSG ini pun, bisa menjadi acuan kita dalam berinvestasi. Jika pergerakan portofolio kita di bawah IHSG, maka kita wajib mengevaluasi kembali strategi investasi kita.

Dengan melihat IHSG juga, bisa menjadi acuan kenapa kita mulai berinvestasi saham.

Misalnya, jika IHSG pada tahun 2010 adalah 1000, lalu 10 tahun kemudian pada 2020 menjadi 5000, artinya ada kenaikan 400 persen. Artinya, ada kenaikan yang signifikan, sehingga saham bisa menjadi pilihan yang menjanjikan untuk berinvestasi.

Dan terakhir, IHSG juga bisa menggambarkan kondisi pertumbuhan ekonomi negara.

IHSG memang khusus hanya untuk saham-saham yang terdaftar di Indonesia. Namun, negara lain juga punya, seperti di Jepang disebut Nikkei, atau di Amerika Serikat disebut Dow Jones, S&P 500 and Nasdaq.

Jadii, dengan kondisi IHSG yang cetak rekor seperti saat ini, udah paham kan kenapa banyak yang menyambut bahagia?

Kalau kalian masih bingung tentang istilah-istilah dalam berinvestasi saham, cuanmin sarankan untuk mendownload aplikasi Saham Rakyat disini.

Di aplikasi Saham Rakyat, kalian bisa tanya-tanya langsung ke customer service yang ramah-ramah dan solutif pastinya. Daaan, cuanmin berikan akses GRATIS ke Grup Chat, untuk bertanya langsung ke analis pasar modal bersertifikasi.

Gimana? Tertarik investasi saham sekarang? Yuk mulai di aplikasi Saham Rakyat. (nda.)